Home » Pencak Silat » Aliran dan Tempat Belajar Latihan Pencak Silat Terdekat

Aliran dan Tempat Belajar Latihan Pencak Silat Terdekat

Waroengsilat.com mengumpulkan dari berbagai sumber, berikut ini daftar lokasi atau tempat belajar latihan Pencak Silat terdekat di lokasimu saat ini.

Aliran dan Tempat Belajar Latihan Pencak Silat Terdekat. Pencak Silat sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan sejarah Indonesia. Selain menjadi seni bela diri, Pencak Silat juga mempertahankan nilai-nilai tradisional dan kultural.

Seperti yang sudah diketahui pencak silat berkembang luas di berbagai daerah di Indonesia, baik itu di kota-kota besar seperti di Jakarta, Bandung, Bogor, Semarang, Surabaya, Jogja atau Yogyakarta, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi ataupun daerah lainnya.

Bagi yang ingin belajar silat lebih mendalam, menemukan tempat latihan atau padepokan Pencak Silat terdekat adalah langkah pertama yang cukup penting.

Untuk yang sedang mencari tempat belajar silat terdekat, Waroengsilat.com sudah rangkumkan dari berbagi sumber.

Aliran Pencak Silat di Indonesia

Sebelum membahas lokasi tempat latihan belajar pencak silat terdekat, penting untuk mengetahui aliran silat seperti apa yang akan dipelajari.

Perlu Anda ketahui, bahwa aliran pencak silat itu ada banyak, dengan mengetahui lebih mendalam, Anda dapat menentukan aliran mana yang cocok dengan kebutuhan.

Pencak Silat adalah bentuk seni bela diri tradisional yang berakar dari Indonesia. Popularitasnya merambah luas di Asia, seperti Malaysia, Brunei, Singapura, bagian selatan Filipina, Thailand dan Negara Asia lainnya.

Di Indonesia, terdapat berbagai aliran atau gaya Pencak Silat yang memiliki ciri khas masing-masing. Beberapa aliran Pencak Silat yang terkenal di Indonesia antara lain:

Pagar Nusa

Pada tahun 1986, Nahdlatul Ulama (NU) menginisiasi pembentukan sebuah organisasi pencak silat yang diberi nama “Pagar Nusa”. Organisasi ini bertujuan untuk mengembangkan seni bela diri pencak silat sambil tetap mengakar pada nilai-nilai dan prinsip-prinsip keagamaan yang dipegang oleh NU.

Para pendiri Pencak Silat Pagar Nusa adalah tokoh-tokoh berpengaruh dalam lingkup NU, yaitu KH Suharbillah, KH Maksum Jauhari yang lebih akrab disapa sebagai Gus Maksum, serta KH Mustofa Bisri.

Pagar Nusa tidak hanya berfokus pada aspek teknis bela diri, tetapi juga mendasarkan latihan dan pengajaran mereka pada nilai-nilai moral dan spiritual.

Pencak Silat Cimande

Pencak Silat Cimande merupakan salah satu bentuk seni bela diri yang tumbuh dan berkembang di Kampung Cimande, yang terletak di daerah Caringin, Kabupaten Bogor. Warisan luhur ini berasal seorang tokoh bernama Abah Khaer, yang memiliki peran penting dalam mengembangkan dan mempopulerkan bela diri ini.

Lebih dari sekadar teknik bertarung, Pencak Silat Cimande mengusung nilai-nilai yang tinggi, norma-norma beretika, dan perilaku mulia yang tercermin dari kearifan lokal leluhur Cimande.

Inti dari Pencak Silat Cimande tidak hanya terletak pada fisik belaka, melainkan juga pada pandangan filosofis dan etika yang ditanamkan dalam setiap gerakan dan ajaran. Di lingkup keluarga besar para praktisi Pencak Silat Cimande, sebuah aturan etiket yang dikenal sebagai “Taleq” memegang peranan penting. Taleq merupakan seperangkat kode etik yang bukan hanya sekedar pedoman, tetapi juga menjadi prinsip hidup yang harus dihayati oleh setiap pesilat.

Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT)

Persaudaraan Setia Hati Terate, atau lebih dikenal dengan singkatan PSHT, adalah suatu organisasi olahraga dan budaya yang memiliki akar kuat dalam sejarah Indonesia. Inisiasi awal organisasi ini berawal dari Ki Hadjar Hardjo Oetomo pada tahun 1922, dan setelah melalui perjalanan panjang, organisasi ini resmi mengambil nama Persaudaraan Setia Hati Terate pada kongres perdana yang diadakan di Madiun pada tahun 1948.

PSHT memiliki peran penting dalam dunia pencak silat Indonesia dan merupakan salah satu kekuatan di balik pendirian Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) pada tanggal 18 Mei 1948. Lebih dari sekadar bela diri, PSHT juga mewakili semangat persatuan, semangat berkarya, dan pengembangan karakter yang kokoh.

Saat ini, PSHT telah menarik lebih dari 7 juta anggota, menjadikannya salah satu organisasi terbesar di Indonesia dengan cabang yang tersebar di 236 kabupaten dan kota di seluruh nusantara. Tidak hanya di dalam negeri, PSHT juga telah menjalin kehadiran di luar negeri dengan memiliki 10 komisariat di perguruan tinggi serta 10 komisariat di beberapa negara seperti Malaysia, Belanda, Rusia (Moskwa), Timor Leste, Hongkong, Korea Selatan, Jepang, Belgia, dan Prancis. Sumber dari wikipedia.

Pencak Silat Perisai Diri

Perisai Diri adalah sebuah organisasi silat yang lahir dari tangan kreatif Raden Mas Soebandiman Dirdjoatmodjo. Sebagai seorang putra bangsawan yang berasal dari Keraton Pakualam, pendiriannya memiliki dasar kebangsawanan yang kuat namun juga merangkul keberagaman budaya silat di Indonesia.

Didirikan dengan tujuan mendorong pengembangan diri dan menjaga tradisi bela diri yang kuat, Perisai Diri tidak hanya mengandalkan satu aliran silat, melainkan menggabungkan 156 unsur aliran silat dari berbagai penjuru nusantara. Tak hanya itu, Perisai Diri juga memasukkan unsur aliran silat Shaolin dari Tiongkok, membawa dimensi internasional ke dalam warisan seni bela diri tradisional Indonesia.

Menurut informasi yang diambil dari Perisaidiri.ub.ac.id, aliran teknik silat Perisai Diri ini memiliki pondasi yang menggabungkan ragam gerakan dari berbagai tradisi silat di Indonesia. Penggabungan ini tidak hanya menciptakan suatu bentuk seni bela diri yang unik, tetapi juga mencerminkan semangat inklusivitas yang merangkul perbedaan budaya.

Namun, dibalik keragaman tersebut, Perisai Diri memiliki motto yang menjadi pedoman utama: “Pandai Silat Tanpa Cedera.” Ini mencerminkan fokus pada pengajaran dan latihan yang berorientasi pada keselamatan dan kesehatan para praktisi.

Pencak Silat Merpati Putih

Merpati Putih (MP) adalah suatu entitas dalam dunia seni bela diri yang menempuh jalan unik sebagai Perguruan Pencak Silat Bela Diri Tangan Kosong (PPS Betako) di Indonesia. 

Merpati Putih telah mengukir namanya sebagai anggota penting dalam Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI), Martial Arts Federation For World Peace (MAFWP), dan Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa (PERSILAT) – International Pencak Silat Federation.

Sejarah Merpati Putih berakar kuat pada tanggal 2 April 1963, saat pendiriannya di Yogyakarta. Sejak saat itu, kelompok ini telah tumbuh dan berkembang dengan membuka sekitar 85 cabang di dalam negeri dan 4 cabang di luar negeri.

Dalam perjalanannya, Merpati Putih telah membentuk lebih dari 415 kelompok latihan (kolat) yang tersebar di seluruh Nusantara, membawa misi mengajarkan seni bela diri yang tak hanya efektif dalam pertahanan, tetapi juga dalam membangun karakter dan kualitas hidup.

Sang Guru di balik Merpati Putih adalah Bapak Saring Hadi Poernomo, namun sejatinya para pewaris ilmu dan pengembang perguruan ini adalah Purwoto Hadi Purnomo (Mas Poeng) dan Budi Santoso Hadi Purnomo (Mas Budi) – sebagai Guru Besar dan generasi pewaris yang meneguhkan nilai-nilai dan praktik dari Merpati Putih.

Silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Tapak Suci Putera Muhammadiyah, dikenal juga sebagai Tapak Suci, adalah aliran, perguruan, dan organisasi pencak silat yang mendalamkan nilai-nilai Islam. Menjadi bagian dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Tapak Suci memiliki peran penting dalam perkembangan pencak silat Indonesia dan membantu mengokohkan fondasi IPSI sebagai organisasi.

Terhitung sebagai salah satu dari 10 perguruan dalam IPSI, Tapak Suci memiliki peran penting dalam membantu memajukan dan mempertahankan eksistensi IPSI sebagai wadah pengembangan pencak silat.

Sebagai sarana untuk mengembangkan karakter dan kecakapan individu, Tapak Suci mengambil pijakan dari ajaran Islam yang tertuang dalam Al Qur’an dan As-Sunnah. Semangat persaudaraan menjadi pendorong utama, sementara hubungannya dengan Persyarikatan Muhammadiyah sebagai organisasi otonom menggarisbawahi akar keislaman dari aliran ini.

Riwayat Tapak Suci dimulai pada tanggal 10 Rabiul Awal 1383 H, bertepatan dengan tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta. Aliran ini menjunjung tinggi prinsip “Dengan Iman dan Akhlak saya menjadi kuat, tanpa Iman dan akhlak saya menjadi lemah,” yang mencerminkan keterkaitan erat antara perkembangan diri yang kokoh dengan fondasi moral yang kuat.

Sebagai organisasi pencak silat, Tapak Suci bukan hanya mengajarkan seni bela diri, tetapi juga memiliki peran penting dalam penciptaan kader-kader Muhammadiyah melalui dakwah dan pergerakan.

Pimpinan Pusat Tapak Suci Putera Muhammadiyah bermarkas di Kauman, Yogyakarta, dan memiliki kantor perwakilan di ibu kota negara. Para anggota Tapak Suci berasal dari berbagai lapisan masyarakat dan agama, karena sebagai bagian dari Muhammadiyah yang memiliki otonomi, Tapak Suci terbuka untuk siapa saja yang tertarik.

Aliran Pencak Silat Lainnya

Selain ke enam aliran pencak silat yang sudah dibahas di atas, masih banyak lagi aliran pencak silat yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Berikut diantaranya:

Aliran dan Perguruan Pencak Silat dari Bali: Silat Bakti Negara, Silat Kerta Wisesa, Silat Seruling Dewata, Silat Gobleg, Silat Sitembak, Mepantigan, Silat Abusuja dan lain sebagainya.

Aliran dan Perguruan Pencak Silat dari Betawi: Silat Cingkrik, Silat Silau Macan, Silat Sabeni, Silat Tiga Berantai, Silat Gerak Saka, Silat Gerak Rasa Sanalika, Silat Paseban, Silat Si Kilat, Silat Kancing 7 Bintang 12 Naga berenang (Kera Sakti / Naga Ngerem ), Silat Si Bunder / Naga Nyebrang, Silat Gombel, Silat Gelamak, Silat Bekasi, Silat Kwitang dan lain sebagainya.

Aliran dan Perguruan Pencak Silat dari Jawa Tengah dan Yogyakarta: Padepokan RangJat (Ranggah Jati), Persatuan Hati (PH), Silat Perpi Harimurti, Setia Hati Langen Putro Utomo, Pusaka Sakti Mataram Lakutama, Perguruan Pencak Silat Cepedi (Cepat Pembelaan Diri), Perguruan Bela diri Sinar Perak, Perguruan Bela diri Garuda Nusantara, PS Garuda Jisai, Perguruan Pencak Silat Ilmu Tangan Kosong (ITK), Persaudaraan Pencak Silat Kembang Setaman ( PPS Kembang Setaman ).

Aliran dan Perguruan Pencak Silat dari Jawa Timur dan Madura: Pencak Silat dan Tenaga Dalam Sunan Kalijaga, Gubug Ramaja (PPSGR), Silat Bawean – silat dari Pulau Bawean, Jawa Timur, Pencak Silat Cempaka Putih (PSCP), Keluarga Persilatan Ki Ageng Pandan Alas, Silat Cobra, Persaudaraan Rasa Tunggal, dan masih banyak lagi.

Aliran dan Perguruan Pencak Silat dari Kalimantan: Bersilat, Kuntau Banjar, Kuntau Hasyim harimau, Kuntau Kutai, Cuyusika Bangau Putih, Pencak Silat Setia Budhi, Pukulan Patikaman Silat Kuntau dan masih banyak lagi.

Aliran dan Perguruan Pencak Silat dari Minangkabau: Silat Tuo, Silat Bungo, Silat Sitaralak, Sterlak, Starlak, Silat Kumango, Silat Kota Anau, Silat Pauah (Pauah), Silat Alif Ba Ta dan masih banyak lagi.

Aliran dan Perguruan Pencak Silat dari Riau-Siak: Perguruan Pencak Silat Mutiara Panca Rasa.

Aliran dan Perguruan Pencak Silat dari Lampung: Pencak Silat Madu Bunga Mayang.

Aliran dan Perguruan Pencak Silat dari Jawa Barat: Silat Riksa Budi Kiwari, Silat Sabandar, Silat Binasatria, Silat Nampon, Pencak Silat Bajing Kiring, Pencak Silat Salaca Macan Putih, Pencak Silat Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka dan masih banyak lagi.

Tempat Latihan Pencak Silat Terdekat

Waroengsilat.com mengumpulkan dari berbagai sumber, berikut ini daftar lokasi atau tempat belajar latihan Pencak Silat terdekat di lokasimu saat ini.

Jawa Barat dan DKI Jakarta

  1. Sanggar Pencak Silat Troktok Kijang Putih Limo
    Alamat: Jl. Limo Raya, Gg.Pinang II Rt002/015 No.4, Limo, Kampung Lebong, Depok.
    Jadwal latihan:
    Sabtu pukul 16.00–17.30 WIB.
    Minggu pada pukul 07.00–10.00 WIB.
    Minggu Sore pukul 16.00–17.30 WIB.
  2. Sanggar Pencak Silat Saidi Anam Rawajati
    Alamat: Jl. Rawajati timur Rt.002/022 Gg. Porti, Ke. Pancoran, Jakarta Selatan.
    Jadwal latihan: Kamis, Sabtu, dan Minggu dimulai pada pukul 19.30–22.00 WIB.
  3. Sanggar Silat Gerak Seliwa
    Alamat: Jl. Batu Ampar 3 Gg. Batu Ginyang II Kec. Kramat jati, Kel. Batu Ampar, Jakarta Timur.
    Jadwal latihan:
  4. Sanggar Pencak Silat Kong Haji Killin
    Alamat: Jl. Tanggul Barat, Komplek Karawang, Rt08/012 persis di depan Masjid Nurul Zholam Jakarta Barat.
    Jadwal latihan: Senin, Selasa, Rabu, Sabtu dan Minggu mulai pukul 20.00–22.00 WIB.
  5. Sanggar Pencak Silat Besuk (Betawi Sukapura)
    Alamat: Jl. Raya Tipar Cakung, Gg.Salon Rt.004/003, Kel. Sukapura, Kec Cilincing, Jakarta Utara.
    Jadwal latihan:
  6. Perguruan Silat Cingkri Gerak Ciptra Rawabelong
    Alamat: Jl. Jalak Ishaq, Kel. Kampung Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
    Jadwal latihan: Sabtu dan Kamis mulai pukul 19.00–22.00 WIB.

Yogyakarta

  1. IKSPI Kera Sakti Cabang Gunungkidul
    Alamat: Karanganyar 05,05, Ngasem, Ngalang, Kec. Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  2. Padepokan Perguruan Pencak Silat Merpati Putih
    Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  3. Tapak Suci Putera Muhammadiyah
    Alamat: Jl. KH. Ahmad Dahlan No.103, 55262, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  4. Lapangan Latihan Pagar Nusa Kota Jogja
    Alamat: Karangwaru, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jawa Tengah

  1. PSHT Semarang Barat Ngaliyan
    Alamat: Jl. Wismasari Utara No.04, Ngaliyan, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah.
  2. Tempat Latihan PSHT Ranting Tirto
    Alamat: Gg. Terate, Mijen, Samborejo, Kec. Tirto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.
  3. Padepokan Pencak Silat Wijaya Kusuma (IPSI Kabupaten Cilacap)
    Alamat: Jl. Dr. Soetomo, Karangcengis, Sidakaya, Kec. Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Jawa Timur

  1. Perguruan Pencak Merpati Putih Cabang Surabaya
    Alamat: Jl. Semarang No.128, Bubutan, Kec. Bubutan, Surabaya, Jawa Timur.
  2. Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Rating Jelidro
    Alamat: Jl. Raya Jelidro Bar. No.55, Sambikerep, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur.
  3. Padepokan Pencak Silat Pagar Nusa Ancab Sumawe
    Alamat: Pondokboden, Kedungbanteng, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
  4. Padepokan IPSI Jawa Timur
    Alamat: Jalan Raya Malang, Sumber Gedang, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur.
  5. Perisai Diri Tenggilis
    Alamat: Jl. Tenggilis Lama IV No.54, Tenggilis Mejoyo, Kec. Tenggilis Mejoyo, Surabaya, Jawa Timur.
  6. Perguruan Pencak Silat KUNTU Mancilan
    Alamat: Pohjentrek, Kec. Purworejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur.

Baca Juga Cara Latihan Silat Sendiri di Rumah Tanpa Bimbingan Guru

Akhir Kata

Demikianlah informasi mengenai aliran dan tempat belajar atau latihan Pencak Silat terdekat yang terdapat di kotamu.

Informasi yang terdapat pada artikel ini dari berbagai sumber yang kemudian kami tulis ulang. Jika ada kesalahan dalam penulisan nama, alamat atau penyebutan lainnya silahkan koreksi di kolom komentar.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *